Print this page
23
Apr

Kesehatan Dalam Kehamilan

Post in Blog
  by
Rate this item
(3 votes)

Menjaga Kesehatan Dalam Kehamilan

Setiap ibu hamil tentu saja mendambakan bayi yang dikandungnya terlahir dalam kondisi sehat. Untuk itu diperlukan usaha-usaha dalam menjaga kandungannya agar senantiasa sehat. untuk anda yang sedang hamil, banyak hal yang dapat membuat calon si buah hati anda terlahir dengan sehat dan akan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Beberapa tips menjaga kandungan ibu hamil untuk mendapatkan buah hati yang terlahir sehat berikut ini.

Beberapa hal yang harus dilakukan

1.Konsumsi makanan yang bergizi

Pada saat seorang ibu sedang mengandung, maka makanan yang bergizi adalah faktor yang paling penting untuk menentukan kesehatan janin yang berada di dalam kandungan. Jika anda sedang hamil maka anda di wajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, seperti sayur sayuran hijau, buah buahan, dan sebagai suplemen ibu hamil dapat mengkonsumsi susu ibu hamil.

2. Istirahat yang cukup

banyak beristirahat dan tidak melakukan aktivitas berat yang banyak menguras tenaga dan pikiran, karena dampaknya akan sangat berbahaya untuk seorang ibu hamil yang terlalu banyak beraktifitas dan terlalu lelah.

3. Lakukan olah raga

Untuk ibu hamil bukan berarti mereka tidak boleh berolah raga. Olah raga untuk ibu hamil juga sangat di butuhkan untuk kesehatan janin,, eberapa olah raga seperti senam ibu hamil, yoga dan jalan santai.

4.Perhatikan lingkungan

Untuk ibu hamil biasanya mereka lebih sangat sensitif, mudah merasa lelah, mudah terserang beberapa penyakit dan lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut dan tentunya juga untuk membuat seorang ibu hamil dan buah hati di dalam kandungannya sehat, maka lingkungan juga harus di perhatikan.

5.Biasakan untuk Kontrol ke dokter

Melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur dapat mengetahui perkembangan kehamilan.

 

Beberapa hal yang harus dihindari

  1. Terlalu keras berolahraga
    Anda tetap perlu berolahraga ketika hamil untuk menjaga keseimbangan atau tekanan pada perut atau punggung bawah secara alami. Tetapi jika olahraga yang Anda lakukan terlalu keras dapat mengancam kesehatan janin dalam kandungan. Hindari olahraga ekstrem seperti latihan kekuatan atau bersepeda dengan intensitas tinggi.
  2. Minum alkohol
    Konsumsi alkohol ketika hamil tentu dapat membahayakan kehamilan berapapun kadar dan jumlahnya.
  3. Mewarnai rambut
    Wanita hamil bukan tidak diperbolehkan sama sekali untuk mewarnai rambutnya, tetapi Anda harus pilih-pilih produk apa yang Anda gunakan. Pewarna alami seperti henna dan pewarna nabati lebih aman untuk wanita hamil daripada cat rambut yang berbahan kimia. Selain itu, fokuslah untuk mewarnai rambut pada bagian panjangnya saja dan menghindari menempatkan cat pada kulit kepala. Juga pastikan Anda berada dalam area yang berventilasi baik ketika menggunakan pewarna rambut.
  4. Menggunakan lotion yang mengandung bahan kimia
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan lotion dan produk kecantikan lainnya dapat mempengaruhi kadar hormon. Para ahli menyarankan untuk memilih lotion yang mengandung bahan alami seperti minyak zaitun, teh hijau atau biji anggur daripada yang mengandung mineral minyak bumi.
  5. Membersihkan rumah dengan pembersih kimia
    Wanita hamil tidak dianjurkan untuk melakukan kontak langsung terhadap produk-produk pembersih rumah tangga yang mengandung bahan kimia, seperti cairan pembersih lantai dan kamar mandi. Paparan bahan kimia telah dikaitkan dengan gangguan perkembangan janin dalam kandungan. Pilihlah alternatif lain untuk membersihkan rumah tanpa harus mengandung bahan kimia yang membahayakan kehamilan, seperti cuka dan air atau baking soda
  6. Jangan terlalu lama berendam di air hangat
    Wanita hamil juga membutuhkan relaksasi seperti berendam di air hangat. Tetapi jika terlalu lama berendam di air dengan suhu yang terlalu panas, dapat berpengaruh terhadap kesehatan bayi dalam kandungannya.
  7. Minum obat pereda nyeri
    Jangan asal minum obat pereda nyeri ketika sedang tidak enak badan, termasuk aspirin karena dapat mengencerkan darah. Hal ini dapat mempengaruhi jantung dan ginjal janin, sehingga konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi Anda sebelum mengambil obat di apotek.

Nah jika anda sedang mengandung, maka tips menjaga kehamilan yang telah di sebutkan dan di jelaskan di atas dapat anda gunakan sebagai patokan anda. setiap ibu hamil tentu saja menginginkan segalanya yang terbaik untuk janinnya, oleh sebab itu anda harus benar benar menjaga kesehatan tubuh anda sehingga janin di dalam kandungan anda pun akan terlahir sehat.

Read 2051 times Last modified on Selasa, 05 September 2023 14:33
Humas

Author:

followup
followup
followup
followup